PEDOMAN PELAKSANAAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
(PPL-PAK)
SEKOLAH TINGGI PASTORAL
REINHA LARANTUKA
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah Tritunggal atas rahmat dan berkat-Nya sehingga
buku Pedoman Pelaksanaan
Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik (PPL-PAK) dapat diselesaikan. Buku Pedoman
ini disusun agar dapat digunakan sebagai petunjuk pelaksanaan PPL-PAK bagi mahasiswa praktikan, sekolah mitra, dosen pembimbing, dan para pihak yang
berkepentingan. Dengan itu, diharapkan penyelenggaran PPL-PAK ini secara
operasional dapat berlangsung secara profesional.
Dengan adanya Buku Pedoman ini
diharapkan ada kesamaan persepsi semua pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan
PPL-PAK Besar harapan semoga buku pedoman ini bermanfaat.
Saran dan kritik
tetap kami harapkan demi kesempurnaan
buku pedoman ini di masa yang akan datang.
Waibalun, 17
Pebruari 2015
Koordinator PPL-PAK
Alfonsus Mudi
Aran,S.Pd,MM
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I.
PENDAHULUAN
.........................................................................
A. Latar Belakang .............................................................................
B. Tujuan ..............................................................................................
C. Bobot dan Tempat Pelaksanaan ..........................................
BAB II. PELAKSANA
PPL-PAK.............................................................
A. Ketua STP
.......................................................................................
B. Pembantu Ketua I .......................................................................
C.
Koordinator Pendidikan, Pengajaran dan Kurikulum
D. KOORDINATOR PPL-PAK.........................................................
E. Sekolah
Mitra.................................................................................
F. Mahasiswa
Praktikan ................................................................
BAB III. PELAKSANAAN
DAN PEMBIMBINGAN .......................
A. Tahapan
Pelaksanaan ................................................................
B. Pelaksanaan
Pembimbingan ..................................................
BAB IV. MEKANISME PELAKSANAAN PPL-PAK
DI LAPANGAN
........................................................................
A. Tahap Persiapan ..........................................................................
B. Tahap
Pelaksanaan .....................................................................
BAB V. PENILAIAN DALAM PPL-PAK.............................................
A. Penilaian .........................................................................................
B.
Laporan Hasil Akhir
Program ..............................................
BAB VI. PENUTUP
...................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Refleksi
Pembelajaran
Lampiran 2. Penilaian
Perencanaan Pembelajaran
Lampiran 3. Penilaian
Proses Pembelajaran
Lampiran 4. Penilaian
Kegiatan Kokurikuler/ Ekstrakurikuler
Lampiran 5. Pembagian
Kelompok PPL-PAK
|
1
2
3
5
5
6
7
8
9
9
11
12
13
13
14
14
18
20
20
20
23
23
24
26
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam rangka menghasilkan tenaga
pastoral (Sarjana Agama Katolik) yang
handal di lingkup sekolah, maka Sekolah Tinggi Pastoral
(STP) Reinha Larantuka memprogramkan Praktik Pastoral Sekolah/Program Pengalaman
Lapangan (PPL) dalam bentuk praktik mengajar Pendidikan Agama Katolik (PAK). Dengan demikian, PPL-PAK merupakan kegiatan kurikuler yang memadukan
seluruh program pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa untuk menerapkan
berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan. Program ini mempersyaratkan
kemampuan aplikasi dan keterpaduan seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke
dalam program pelatihan berupa kinerja yang berkaitan dengan keguruan baik
kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.
Standar kompetensi PPL-PAK dirumuskan
dengan mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru baik dalam konteks
pembelajaran maupun dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat.
Empat kompetensi guru yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut
dirumuskan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Pendidikan Nasional. Hal
ini pada intinya berisi standar kompetensi lulusan perguruan tinggi yaitu
mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia,
memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemandirian, serta sikap untuk
menerapkan ilmu, teknologi, dan seni untuk tujuan kemanusiaan.
Mengingat pentingnya kegiatan PPL-PAK, maka diperlukan
adanya rambu-rambu yang mengatur pelaksaaannya. Rambu-rambu ini dibuat bukan untuk membatasi kegiatan PPL-PAK,
tetapi sebagai pedoman umum agar tujuan program ini benar-benar dapat dicapai
dan tepat sasaran.
B. TUJUAN
Sasaran yang ingin dicapai dari PPL-PAK
adalah membentuk pribadi calon guru agama Katolik yang memiliki seperangkat
pengetahuan, ketrampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi
profesinya, serta cakap dan tepat menggunakannya di dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun luar sekolah.
Secara khusus pelaksanaan
PPL-PAK di lingkup STP Reinha Larantuka adalah:
1. Memberikan wahana aplikasi keilmuan dalam bidang pastoral
kateketik bagi mahasiswa.
2. Memberikan pengalaman profesional mahasiswa sebagai calon
guru agama Katolik, sehingga benar-benar menjadi lulusan kependidikan yang siap
di dunia kependidikan.
3. Menjalin kerjasama edukasional dengan sekolah latihan
sebagai mitra dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
C. BOBOT DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Program Pengalaman Lapangan Pendidikan
Agama Katolik (PPL-PAK) merupakan bagian integral dari keseluruan kurikulum
pendidikan guru berdasarkan kompetensi yang diberi bobot 2 SKS.
Tempat penyelenggaraan PPL-PAK adalah di SD, SLTP, SMA, dan SMK baik negeri maupun
swasta yang dapat menampung kebutuhan latihan keguruan sesuai dengan latar
belakang keahlian atau spesialisasinya di bidang pastoral dan kateketik.
BAB II
PELAKSANA PPL-PAK
Pelaksanaan PPL-PAK dalam lingkup Sekolah Tinggi Pastoral Reinha
Larantuka dapat dilihat pada bagan berikut ini.
PUKET I
Penjamin Mutu Akademik
|
Koordinator Pendidikan,
Pengajaran & Kurikulum
|
Koordinator
PPL-PAK
|
Sekolah Mitra
|
KETUA STP
Pembina
|
Mahasiswa
Praktikan
|
Keterangan:
: Garis Koordinasi
A. KETUA STP
Sebagai
pembina utama di lembaga pendidikan, selaku Ketua bertanggung jawab:
1.
Menggariskan pola kebijakan, serta
bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh kegiatan PPL-PAK.
2.
Membina para pelaksana serta memantau
kegiatan yang sedang berlangsung.
3.
Menggariskan kebijakan pendanaan serta
menyediakan dana untuk kegiatan.
4.
Membina kesiapan mental para mahasiswa.
B. PEMBANTU KETUA I: Penjamin Mutu Akademik
Bertanggung jawab atas penyiapan mahasiswa
dalam menghadapi pelaksanaan PPL-PAK, diantaranya:
1. Menjalin kerjasama dengan sekolah latihan
sebagai mitra dalam pelaksanaan PPL-PAK.
2. Memberitahukan secara tertulis kepada sekolah-sekolah
mitra yang dijadikan tempat latihan praktik mengajar Pendidikan Agama Katolik.
3. Pembekalan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan
khusus yang menunjang keberhasilan PPL-PAK.
C. KOORDINATOR PENDIDIKAN, PENGAJARAN DAN KURIKULUM
Bertanggung jawab atas
penyiapan mahasiswa menghadapi pelaksanaan PPL-PAK, diantaranya:
1. Mendata nama calon peserta PPL-PAK
2. Menyeleksi
para mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti
PPL-PAK.
3. Menyusun
jadwal kegiatan PPL-PAK.
4. Mengatur
penerjunan peserta PPL-PAK ke
sekolah-sekolah latihan/mitra.
5. Menyiapkan
segala macam blangko, bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan selanjutnya
dikirim ke sekolah-sekolah mitra.
D. KOORDINATOR PPL-PAK
Program
Pengalaman Lapangan dipimpin oleh seorang Koordinator dan dibantu oleh tenaga
edukatif yang dapat merangkap menjadi Dosen Pembimbing.
1. Koordinator bertugas:
a.
Bersama Puket I, Koordinator Pendidikan, Pengajaran dan
Kurikulum membekali mahasiswa praktikan.
b.
Bekerjasama
dengan Dosen Pembimbing mempersiapkan mahasiswa.
c.
Membagi
kelompok mahasiswa praktikan di sekolah-sekolah mitra, beserta dosen Pembimbingnya.
2.
Dosen Pembimbing
Tugas pokoknya adalah :
a.
Mengkoordinasi dan memonitor pelaksanaan PPL-PAK
di sekolah mitra.
b.
Bersama Kepala Sekolah dan Guru PAK,
menampung dan memecahkan masalah/kasus yang mungkin timbul.
c. Memberi penjelasan tentang pengisian
format-format dan cara-cara penilaian kepada Guru PAK.
d.
Melaksanakan bimbingan PPL-PAK, baik di
kampus dan di Sekolah Mitra.
e.
Bersama Guru PAK memberikan arahan dan
bimbingan latihan praktik mengajar secara supervisi klinis.
E. SEKOLAH
MITRA
Pelaksanaan
PPL-PAK di sekolah mitra melibatkan Kepala Sekolah, dan secara teknisnya Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) sebagai Guru Pamong.
1. Kepala
Sekolah
Kepala Sekolah bertanggungjawab penuh atas
pelaksanaan PPL-PAK di sekolahnya. Rincian tugas tersebut diantaranya adalah :
a.
Menerima mahasiswa praktikan .
b.
Bersama guru Pendidikan Agama Katolik merencanakan pelaksanaan PPL-PAK di sekolahnya.
c.
Memberikan arahan umum kepada semua
mahasiswa praktikan.
d.
Mengkoordinasi dan memonitor pelaksanaan PPL-PAK
secara menyeluruh.
e.
Menampung dan memecahkan masalah yang
mungkin terjadi.
f.
Mengusahakan dan memelihara situasi dan
kondisi yang menunjang keberhasilan pelaksanaan PPL-PAK.
g.
Dalam hal-hal tertentu turut/berhak
menilai penampilan para praktikan.
2. Guru Pendidikan Agama Katolik
Dalam pelaksanaan PPL-PAK, guru mata pelajaran
Agama Katolik sekaligus menjadi Guru Pamong yang tugas
pokoknya adalah :
a.
Bersama Kepala Sekolah merencanakan
kegiatan PPL-PAK di sekolahnya.
b.
Memberikan model kepada para mahasiswa praktikan.
c.
Bersama Dosen Pembimbing mengadakan
observasi penampilan praktikan dalam melaksanakan praktik mengajar dilanjutkan
dengan supervisi klinis.
d.
Memberikan bimbingan khusus (misalnya
tentang materi pelaksanaan pelajaran, penyusunan RPP, tugas ekstrakurikuler,
dan lain-lain)
e.
Bersama Kepala sekolah memecahkan/ mengatasi
masalah yang mungkin timbul.
f.
Memberikan penilaian latihan praktik
mengajar para mahasiswa bimbingannya.
g.
Memberikan penilaian latihan pelaksanaan
tugas-tugas, memberikan bimbingan tugas administrasi, serta tugas kokurikuler
bagi mahasiswa praktikan.
h.
Memberikan penilaian penampilan pratikan dalam
ujian praktik mengajar.
i.
Menyampaikan laporan secara tertulis pelaksanaan
PPL-PAK dari para mahasiswa bimbingannya kepada Kepala Sekolah dan Lembaga STP
Reinha melalui Dosen Pembimbing.
F.
MAHASISWA PRAKTIKAN
Mahasiswa praktikan wajib bersikap dan
berperilaku yang baik terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL-PAK
sesuai dengan citra Guru Profesional antara lain :
1. Mempersiapkan
diri baik penguasaan materi maupun mental sebaik-baiknya.
2. Melaksanakan
semua tugas yang diberikan oleh Sekolah Mitra, dan Guru Agama Katolik.
3. Mentaati
peraturan-peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tempat pelaksanaan PPL-PAK.
4. Berkonsultasi
dan menjadi penghubung antar Dosen Pembimbing dan Guru PAK dalam menentukan supervisi dan ujian praktik
mengajar.
5. Menjaga
diri untuk tidak berbuat hal-hal yang tercela dan menjaga nama baik STP Reinha
Larantuka dan Sekolah Mitra.
BAB III
PELAKSANAAN DAN
PEMBIMBINGAN
A. TAHAPAN PELAKSANAAN
Program
Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik, dilaksanakan secara seimbang,
terpadu dan terarah. Artinya mahasiswa praktikan dibimbing oleh Guru Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Katolik selaku Guru Pamong, Dosen Pembimbing, Kepala
Sekolah dalam berbagai kegiatan pengalaman lapangan.
Masa pelaksanaan PPL-PAK selama satu
semester. Tahapan-tahapan pelaksanaan diatur sebagai berikut:
Tahap
|
Kegiatan
|
Tujuan
|
I
|
Orientasi-observasi
|
Agar praktikan memperoleh informasi yang
memadai tentang situasi kondisi sekolah dan lingkungan masyarakat maupun
sosio akademik sehingga peserta PPL-PAK memiliki kesiapan untuk memasuki fase
latihan yang sebenarnya.
|
II
|
Latihan Terbimbing
|
Praktikan melaksanakan tugas latihan
yang sesungguhnya baik mengajar maupun non mengajar dalam dalam bimbingan
guru Pamong.
|
III
|
Latihan Mandiri
|
Praktikan diberi kesempatan melakukan pembelajaran
secara mandiri. Praktikan bukan dilepas secara mutlak akan tetapi kadar atau
porsi pembimbingan menjadi berkurang.
|
IV
|
Ujian
|
Pada tahap ini, praktikan yang telah
memenuhi syarat, yakni telah mengikuti latihan dalam semua tahap dan telah
memenuhi kuantitas dan kualitas latihan, diuji dalam kegiatan mengajar
oleh guru PAK dan dan Dosen Pembimbing.
|
1. Observasi-Orientasi
Sebelum mengalami latihan yang sebenarnya
tiap calon praktikan diwajibkan menempuh masa observasi. Masa
observasi-orientasi dimaksudkan agar mahasiswa calon guru mengenal dengan baik
lingkungan sekolah yang menjadi tempat tugasnya. Beberapa aspek yang harus
diperhatikan, antara lain:
a.
Sejarah Sekolah
b.
Lingkungan Fisik Sekolah (letak, denah, ruang kelas, ruang TU, fasilitas
belajar, dan lain-lain).
c.
Administrasi organisatorik
(struktur organisasi sekolah, personalia sekolah, kesiswaan, dan lain-lain).
d.
Akademik dan Sosial Sekolah
(Kurikulum, Kalender pendidikan, (secara khusus berkaitan dengan PAK; program
tahunan, program semester, jumlah jam pelajaran, kegiatan ekstra kurikuler, dan
lain-lain), prestasi sekolah yang pernah dicapai, dan lain-lain).
2. Pelatihan Terbimbing
Pelatihan terbimbing dalam pelaksanaan PPL-PAK
dibedakan menjadi dua, yakni latihan mengajar, dan latihan mengerjakan
tugas-tugas keguruan dalam bimbingan guru PAK/Pamong.
a. Latihan mengajar
Hal-hal yang
perlu mendapat perhatian dalam latihan mengajar, seperti:
1) Merencanakan unit pengajaran (menyusun
RPP)
2) Memilih dan menggunakan beberapa strategi
mengajar
3) Memilih atau membuat dan menggunakan media
pengajaran yang cocok dengan materi pembelajaran.
4) Mengevaluasi pelaksanaan pengajaran.
5) Menganalisis pelaksanaan pengajaran.
6) Frekuensi latihan mengajar terbimbing
minimal 2 kali dengan 2 RPP diselingi diskusi balikan supervisi klinis.
7) Untuk kelas pararel yang materinya sama.
RPP dapat lebih dari satu apabila metode dan KBM-nya dirubah/ disesuaikan.
Proses pembimbingan dilaksanakan dengan
supervisi klinis. Bahan yang dibicarakan berdasarkan catatan supervisi klinis
dan hasil refleksi praktikan.
b. Latihan melaksanakan
tugas-tugas keguruan di luar mengajar.
Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam
latihan melaksanakan tugas-tugas keguruan di luar mengajar, meliputi:
1) Kegiatan
ekstrakurikuler yang berkaitan dan menunjang Pendidikan Agama Katolik.
2) Partisipasi
dalam pertemuan guru, guru dan orang tua murid (bila diijinkan).
3) Latihan
melaksanakan administrasi Sekolah, administrasi kelas, administrasi guru mata pelajaran PAK, dan
administrasi kepegawaian.
3. Latihan Mengajar Mandiri
Latihan mengajar mandiri adalah bentuk latihan
yang diberikan kepada pratikan untuk belajar menjadi guru yang sebenarnya dalam
pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar PAK. Hal-hal yang perlu mendapat
perhatian adalah:
a) Merencanakan pembelajaran atau mempersiapkan
RPP dan mengkonsultasikan dengan guru pamong.
b) Memilih dan menggunakan berbagai strategi
mengajar yang tepat.
c) Melaksanakan beberapa model pembelajaran
inovatif.
d) Melaksanakan rencana pengajaran yang sudah
direncanakan.
e) Mengevaluasi hasil pengajaran.
f) Menganalisa pelaksanaan pembelajaran.
g) Menganalisa hasil-hasil evaluasi
Jika guru PAK/Pamong menilai praktikan
sudah cukup baik/mampu, maka bisa dianjurkan untuk melaksanakan ujian praktik.
4. Ujian Praktik Mengajar
Ujian praktik mengajar dilaksanakan setelah
kemampuan mengajar dinilai cukup oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.
Pengaturan ujian mengajar diserahkan kepada masing-masing Guru Pamong.
Praktikan yang akan menempuh ujian
praktik mengajar diwajibkan menyerahkan persiapan tertulis (RPP) kepada Guru
Pamong, Dosen Pembimbing selambat-lambatnya 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan
ujian. (Pedoman Penilaian, lihat pada
form lampiran)
B. PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN
Dalam melaksanakan pembimbingan oleh Guru PAK/Pamong,
Dosen Pembimbing dilakukan dalam bentuk
supervisi klinis.
1.
Pengertian Supervisi Klinis
Supervisi klinis adalah suatu proses
bimbingan yang bertujuan untuk membantu pengembangan professional calon guru. Dalam hal ini menyangkut penampilan mengajar
berdasarkan observasi dan analisa data secara teliti dan obyektif.
2.
Tujuan Supervisi Klinis
Supervisi klinis bertujuan agar praktikan mendapatkan
masukan yang obyektif, untuk memecahkan masalah mengajar dan mengembangkan
sikap positif secara terus menerus.
3.
Prosedur Supervisi Klinis
Prosedur supervisi klinis ini umumnya
dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pertemuan pendahuluan, tahap pengamatan dan
tahap pertemuan balikan. Dua dari 3 tahap tersebut memerlukan pertemuan antara praktikan
dan Guru Pamong/Dosen Pembimbing yaitu pertemuan pendahuluan dan pertemuan
balikan.
a. Tahap
Pertemuan Pendahuluan
Dalam tahap ini praktikan bersama-sama
guru pamong mengidentifikasi rencana pembelajaran, dan fokus pembelajaran. Komunikasi
dilakukan terbuka dalam suasana yang harmonis.
b. Tahap
Pengamatan Mengajar
Pada tahap ini melatih tingkah laku
mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang telah disepakati dalam pertemuan
pendahuluan. Guru PAK/Pamong mengamati dan mencatat penampilan praktikan di kelas.
c. Tahap
Pertemuan Balikan
Sebelum memberikan feed back dan refeksi, guru pamong/dosen pembimbing hendaknya meminta
komentar praktikan terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hal-hal-hal yang
perlu dilakukan refleksi meliputi :
1) Mereview
tujuan pembelajaran;
2) Mereview
target ketrampilan serta perhatian utama.
3) Jalannya pembelajaran berdasarkan target dan perhatian utamanya.
BAB IV
MEKANISME
PELAKSANAAN PPL-PAK
DI LAPANGAN
A. TAHAP
PERSIAPAN
1. Persiapan
yang bersifat administratif
a. Daftar
calon lengkap peserta PPL-PAK
b. Mahasiswa
calon praktikan menghubungi sekolah-sekolah mitra untuk memperoleh kepastian
kesanggupan menerima para praktikan.
c. Koordinator
PPL-PAK membuat pembagian praktikan di sekolah-sekolah Mitra lengkap dengan
Dosen Pembimbing
d. Puket
I mengirim surat tugas kepada semua dosen pembimbing.
2. Tahap
pemberian pengarahan/pembekalan kepada para mahasiswa oleh Puket I dan para Dosen Pembimbing.
3. Penerjunan
(penyerahan resmi) mahasiswa peserta PPL-PAK ke sekolah-sekolah mitra.
B. TAHAP PELAKSANAAN
Dari materi kegiatan sebagaimana
disebutkan dalam BAB III di atas, realisasi pelaksanaannya melalui tahap-tahap
sebagai berikut:
1. Tahap
Observasi-Orientasi
a. Selama
kurang lebih 1 minggu pertama mahasiswa praktikan memperoleh penjelasan/ceramah
dan orientasi dari Sekolah Mitra (Kepala Sekolah, beserta staf dan Guru PAK) tentang segala
seluk beluk sekolah.
b. Observasi
dilaksanakan sambil mengikuti model les dan partisipasi.
c. Model
les
Para praktikan diberi kesempatan
mengobservasi cara Guru PAK mengajar. Hal ini dengan tujuan agar para praktikan
memperoleh gambaran nyata tentang cara mengajar yang baik.
2. Tahap
Partisipasi
Para praktikan berperan aktif melaksanakan
praktik yang terdiri dari praktek mengajar dan praktik kependidikan non
mengajar.
a. Latihan
Praktik Mengajar
Selama kurang lebih 2-4 kali praktikan melaksanakan
latihan praktik mengajar dibimbingan Guru PAK/Pamong dan Dosen Pembimbing.
Latihan praktik mengajar dilaksanakan sebagai berikut:
1) Praktikan diberi kesempatan oleh Guru PAK/Pamongnya
untuk praktik mengajar.
2) Praktikan
menyusun persiapan tertulis (RPP) dengan bimbingan Guru PAK/Pamong dan Dosen
Pembimbing secara supervisi klinis.
3) Praktikan
menyiapkan alat-alat pembelajaran atau media pembelajaran sebelum hari praktik
dilaksanakan.
4) Pada
hari/tanggal yang telah ditentukan, praktikan melaksanakan pembelajarn sesuai
dengan persiapan tertulis. Guru PAK/Pamong mengobservasi penampilan praktikan.
5) Seusai
melaksanakan pembelajaran, Guru PAK/Pamong
memberikan supervisi klinis untuk menunjukkan kekurangan-kekurangan dan
juga hal-hal yang sudah baik, kemudian memberikan pengarahan-pengarahan agar
penampilan berikutnya lebih baik (proses remidi)
b. Latihan
Melaksanakan Tugas Non Mengajar
Di samping praktik mengajar, para praktikan
juga mendapat tugas dari sekolah untuk melaksanakan kegiatan yang menunjang
kegiatan kependidikan secara keseluruhan.
3. Tahap
Ujian Praktik Mengajar
a. Proses
ujian praktik mengajar hampir sama dengan latihan praktik mengajar. Hanya
bedanya pada ujian praktik mengajar praktikan idak mendapat bimbingan.
b. Yang
berhak menguji praktik adalah Dosen Pembimbing dan Guru PAK/Pamong.
BAB V
PENILAIAN DALAM
PPL-PAK
A. PENILAIAN
1. Yang
berwenang menilai
a. Guru
PAK/Pamong
b. Dosen
pembimbing
2. Penilaian
bersifat:
a. Terbuka,
artinya diketahui sendiri segala informasi yang relevan dengan penilaian PPL-PAK
oleh pihak yang dinilai dan penilai.
b. Utuh,
artinya penilaian PPL-PAK dilakukan secara utuh agar informasi yang diperoleh
tentang penampilan praktikan merupakan informasi yang lengkap dan utuh pula.
c. Luwes
dan sesuai, artinya penilaian disesuaikan dengan kondisi dan situasi
pelatihan.
d. Berkesinambungan
artinya penilaian dilakukan, dijadwalkan
secara berkesinambungan.
3. Sasaran
Akhir Penilaian
a. Latihan
praktik mengajar
b. Ujian
praktik mengajar
c. Kepribadian
dan sosial praktikan
d. Laporan
Akhir
4. Prosedur
Penilaian
Pada dasarnya penilaian untuk setiap
bentuk kegiatan dalam melaksanakan PPL-PAK ini menggunakan format penilaian
tertentu. Penetapan /justifikasi dalam penilaian menggunakan skala deskriptor
yang sesuai dengan butir-butir aspek yang dinilai. (form penilaian pada bagian tersendiri)
B.
LAPORAN HASIL AKHIR PROGRAM
Setelah menyelesaikan
PPL-PAK semua praktikan wajib membuat laporan tertulis kepada Koordiantor
PPL-PAK STP Reinha Larantuka. Laporan akhir sekurang-kurangnya memuat hal-hal sebagai
berikut:
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang (memuat alasan mendasar pelaksanaan PPL-PAK, pengertian dan tujuan,
serta pentingnya membuat laporan kinerja)
B.
Langkah-Langkah
Persiapan (di Kampus dan Sekolah Mitra)
C.
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan PPL-PAK
BAB II. PELAKSANAAN PPL-PAK
A.
Mengenal
Lingkungan Fisik, Administratif Organisatorik, Akademi dan Sosial Sekolah
Tempat PPL-PAK
B.
Kegiatan
Pembelajaran PAK
C.
Kegiatan
Kokurikuler dan Ekstrakurikluer
D.
Tugas
Administrasi dan Keterlibatan dalam Kegiatan Lain
E.
Pertemuan
dan Refleksi Dengan Guru PAK/Pamong dan Dosen Pembimbing
BAB III. EVALUASI REFLEKSI PELAKSANAAN PPL-PAK
A.
Evaluasi
B.
Refleksi
C.
Tindak
Lanjut
BAB IV. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Usul dan Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB VI
PENUTUP
Pedoman
penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik ini
merupakan ketentuan-ketentuan yang dijadikan acuan dan arahan dalam seluruh
pelaksanaan kegiatan. Adapun hal-hal
yang belum diatur dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.
Demikian
pedoman ini dibuat untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan demi sukses dan tercapainya tujuan yang
diharapkan.
Lampiran
1
Nama :
…....................................................................
NIM :
…....................................................................
Sekolah /Kelas :
…....................................................................
Pokok
Bahasan : …....................................................................
Reflkesi
ke : …..................
No
|
Aspek
|
Jawaban
|
1
|
Apakah kegiatan pembukaan yang dilakukan dapat
mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik?
|
|
2
|
Bagaimana
tanggapan siswa terhadap materi yang disajikan?
|
|
3
|
Apakah siswa terlibat aktif dalam proses
pembelajaran yang disajikan?
|
|
4
|
Apakah proses pembelajaran yang disajikan sesuai
dengan yang direncanakan?
|
|
5
|
Apakah metode, waktu dan media pembelajaran yang
digunakan sesuai dengan materi pokok dan kemampuan siswa?
|
|
6
|
Bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan dalam
proses pembelajaran tadi?
|
|
7
|
Bagaimana hasil latihan/penilaian yang diberikan?
|
|
8
|
Apakah proses pembelajaran awal sampai akhir sudah mencapai tujuan
pembelajaran yang ditetapkan?
|
|
9
|
Apa yang menjadi kekuatan/kelebihan Anda dalam melakukan proses pembelajaran
tadi?
|
|
10
|
Apa yang menjadi kekurangan/ kelemahan Anda dalam
proses pembelajaran tadi?
|
|
11
|
Apa penyebab kelemahan tersebut?
|
|
12
|
Apakah ada hal-hal unik yang terjadi selama
proses pembelajaran tadi?
|
|
13
|
Apa rencana selanjutnya untuk proses pembelajaran
berikutnya?
|
|
14
|
Bimbingan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran berikutnya?
|
|
15
|
Apa komitmen Anda untuk meningkatkan
profesionalitas sebagai guru PAK?
|
|
Kesimpulan:
|
Larantuka, ........................................
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong
___________________________________
NIP
|
Praktikan
______________________
|
Lampiran 2
PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Materi Pokok :
................................................................................
................................................................................
Kelas :
.........................................................
RPP ke :
.........................................................
No
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||
Maks
|
Dicapai
|
|||
A
|
Merumuskan Indikator/Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
1. Rumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan KD
|
4
|
|
|
|
2.
Rumusan tujuan pembelajaran
memuat audience, perilaku, kondisi, degree (ABCD)
|
4
|
|
|
|
Jumlah
|
8
|
|
|
B
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
3.
Metode pembelajaran bervariasi
|
4
|
|
|
|
4.
Tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah
pengembangan
|
5
|
|
|
|
5. Kesesuaian metode dengan karakter KD
|
4
|
|
|
|
Jumlah
|
13
|
|
|
C
|
Langkah-langkah Pembelajaran/Skenario Pembelajaran
|
|
|
|
|
6.
Pendahuluan berisi pengaitan kompetensi yang akan diajarkan dengan
konteks kehidupan siswa/apersepsi/ memotivasi dengan berbagai stimulus
|
5
|
|
|
|
7.
Kegiatan inti ditulis secara rinci untuk menjabarkkan tahapan pencapaian KD
disertai dengan alokasi waktu
|
5
|
|
|
|
8.
Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman,
berinteraksi dengan lingkungan, masyarakat sekitar (fokus kepada siswa)
|
5
|
|
|
|
9.
Penutupan pembelajaran berisi penyimpulan refleksi, tindak lanjut (tugas,
pengayaan, pemanfaatan)
|
5
|
|
|
|
10.
Rumusan langkah pembelajaran menggambar-kan kegiatan materi yang akan
dicapai
|
5
|
|
|
|
Jumlah
|
25
|
|
|
D
|
Pengembangan Materi
dan Bahan Ajar
|
|
|
|
|
11. Materi pembelajaran mendukung KD (selaras dengan
KD)
|
8
|
|
|
|
12. Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar
secara memadai sehingga mudah digunakan sebagai bahan ajar
|
8
|
|
|
|
13. Bahan ajar mencantumkan isu-isu dunia nyata yang
ada di lingkungan sekolah (kontekstual)
|
6
|
|
|
|
Jumlah
|
22
|
|
|
E
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
|
14. Sumber
belajar sesuai dan mendukung tercapainya KD
|
5
|
|
|
|
15. Sumber
belajar bervariasi
|
5
|
|
|
|
16. Sumber
belajar ditulis secara lengkap dan
jelas
|
5
|
|
|
|
Jumlah
|
15
|
|
|
F
|
Alat Penilaian
|
|
|
|
|
17. Alat
penilaian sesuai dan mencakup seluruh indikator
|
5
|
|
|
|
18. Rubrik/pedoman
penskoran/kunci jawaban tercantum secara jelas dan tepat
|
5
|
|
|
|
Jumlah
|
10
|
|
|
G
|
Tampilan dokumen rencana pembelajaran
|
|
|
|
|
19. Kebersihan dan kerapihan
|
3
|
|
|
|
20. Penggunaan bahasa tulis sesuai dengan EYD
|
4
|
|
|
|
Jumlah
|
7
|
|
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
100
|
|
|
|
||||
Keterangan:
|
Nilai Akhir:
|
|||
A:
B:
C:
D:
|
80-100 : Baik Sekali
66-79 : Baik
51-65 : Cukup Baik
0 - 50 : Tidak Baik
|
Catatan Guru PAK/Pamong:
|
Larantuka, ........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________________________
NIP
|
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong
__________________________________
NIP
|
Lampiran
3
PENILAIAN
PROSES PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal :
.................................................................
Materi Pokok : ................................................................................
................................................................................
Kelas :
................................
No
|
Aspek Penilaian
|
Chek List
|
Nilai
|
||
Ya
|
Tdk
|
Maks
|
Dicapai
|
||
I
|
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
1. Mengucapkan salam
|
|
|
3
|
|
|
2. Doa
|
|
|
3
|
|
|
3. Melaksanakan absensi siswa
|
|
|
3
|
|
|
4.
Apersepsi
|
|
|
3
|
|
|
5. Memberitahukan kompetensi yang ingin dicapai
|
|
|
2
|
|
|
6. Memberikan tes awal
|
|
|
3
|
|
|
Jumlah
|
|
|
17
|
|
II
|
Kegiatan
Inti
|
||||
A
|
Pengembangan Unsur Materi
|
|
|
|
|
|
1.
Penguasaan materi ajar
|
|
|
10
|
|
|
2.
Kesesuaian materi dengan RPP
|
|
|
5
|
|
|
3.
Memberikan contoh konkret dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
5
|
|
B
|
Unsur Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1.
Relevansi materi dengan metode
|
|
|
10
|
|
|
2.
Menjelaskan materi dengan
menggunakan papan tulis/alat peraga lainnya
|
|
|
3
|
|
|
3.
Melibatkan siswa dengan tanya
jawab
|
|
|
6
|
|
|
4.
Menerapkan
teknik bertanya
|
|
|
6
|
|
|
5.
Meminta siswa memberikan contoh
sesuai dengan materi yang dibicarakan
|
|
|
5
|
|
|
6.
Mengembangkan dialog.
|
|
|
4
|
|
|
7.
Menunjukkan kepedulian terhadap
siswa (mendekati, menegur yang
mengganggu, dsb)
|
|
|
4
|
|
|
8.
Menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa
|
|
|
3
|
|
|
9.
Suasana kelas tertib dan
dinamis
|
|
|
3
|
|
C
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
1.
Menyimpulkan isi (bersama
siswa) pokok/pesan materi pelajaran
|
|
|
2
|
|
|
2.
Test akhir/evaluasi
|
|
|
3
|
|
|
3.
Memberi tugas
|
|
|
2
|
|
|
4.
Doa
|
|
|
2
|
|
|
Jumlah
|
|
|
73
|
|
III
|
Penampilan
|
||||
|
1.
Kerapihan berbusana
|
|
|
2
|
|
|
2.
Kejelasan berbicara
|
|
|
3
|
|
|
3.
Kewibawaan
|
|
|
3
|
|
|
4.
Keramahan
|
|
|
2
|
|
|
Jumlah
|
|
|
10
|
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
|
|
100
|
|
|
|||||
Keterangan:
|
Nilai Akhir:
|
||||
A:
B:
C:
D:
|
80-100 : Baik Sekali
66-79 :
Baik
51-65 :
Cukup Baik
0 - 50 :
Tidak Baik
|
Catatan Guru PAK/Pamong:
Kesimpulan:
...........................................................................................................................
..........................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
.............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
Saran : .............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
...........................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
|
Larantuka, ........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah
_________________________________
NIP
|
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong
_________________________________
NIP
|
Lampiran 4
PENILAIAN KEGIATAN KOKURIKULER/
EKSTRA KURIKULER
Nomor :…………………………
Jenis Kegiatan :………………………..............................
Diberikan Tanggal :
………………………
Diselesaikan Tanggal :
.. ..……………………
Catatan Guru PAK/Pamong:
Kesimpulan: ..................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
................................................................................................................................
Saran :
...................................................................................................................................
.................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.................................................................................................................................
............................................................................................
....................................
|
Larantuka, ........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah
__________________________________
NIP
|
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong
_________________________________
NIP
|
Lampiran 5
KELOMPOK PRAKTIK PPL-PAK SD
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
No
|
Nama Sekolah
|
Nama Mahasiswa
|
Dosen Pembimbing
|
1
|
SDK Lamawalang
|
1. Adelin Semoi Sogen
2. Maria Nini Sogen
3.
Maria Lidvina Ina Mukin
4.
Lodovikus Lamatokan
|
Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,MM
|
2
|
SDK Waibalun I
|
1. Ignasia Bulu Moron
2. Adolfus L.B. Balaweling
3.
Maria Inviolata Deran Ola
4.
Emiliana Reni Narek
|
Yosep Pehan Betan, S.Ag
|
3
|
SDK Waibalun II
|
1.
Maria Barbara Peni Teluma
2.
Ebinek Mauricilia Ledjab
3.
Oktoviana Antonia Karwayu
4.
Emanuel Doni Sesa
|
Yosep Pehan Betan, S.Ag
|
4
|
SDI Waibalun
|
1. Mariana Ina Dai
2. Maria Oda Oyan
3.
Angelina Jeli Niron
|
Sura Ibu Silvinus,S.Ag
|
5
|
SDI Lewolere
|
1. Veronika Buak
2.
Emiliana Ambrosia da Silva
3.
Agustina H. Demon Ester
4.
Kelara Ketona Asan
|
Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,MM
|
6
|
SDK Pantai Besar
|
1. Sr. Petronela
2. Maria Bunga
3.
Katarina M.M. da Silva
4.
Theodorus Dua Tukan
|
Sura Ibu Silvinus,S.Ag
|
Koordinator
PPL-PAK
Alfonsus
Mudi Aran,S.Pd,M
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
Waibalun,
......... JANUARI 2015
Pengawas
Ruang,
__________________________
|
[1] Dibuat setiap kali sesudah melaksanakan
pembelajaran. Dibuat rangkap 2 (dua), satu digunakan pada saat bimbingan klinis
dengan guru PAK/Pamong, dan satu untuk refleksi umum dengan Dosen Pembimbing di
Kampus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar