Rabu, 16 September 2015

PEDOMAN PPL PAK SD


PEDOMAN PELAKSANAAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
(PPL-PAK)

 












SEKOLAH TINGGI  PASTORAL
REINHA LARANTUKA
2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah Tritunggal atas rahmat dan berkat-Nya sehingga buku Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik (PPL-PAK) dapat diselesaikan. Buku Pedoman ini disusun agar dapat digunakan sebagai petunjuk pelaksanaan PPL-PAK  bagi mahasiswa praktikan, sekolah mitra,  dosen pembimbing, dan para pihak yang berkepentingan. Dengan itu, diharapkan penyelenggaran PPL-PAK ini secara operasional dapat berlangsung secara profesional.
Dengan adanya Buku Pedoman ini diharapkan ada kesamaan persepsi semua pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan PPL-PAK Besar harapan semoga buku pedoman ini bermanfaat.  
Saran dan kritik tetap  kami harapkan demi kesempurnaan buku pedoman ini di masa yang akan datang.

Waibalun, 17 Pebruari 2015
     Koordinator PPL-PAK
Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,MM





DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I. PENDAHULUAN .........................................................................
A.   Latar Belakang .............................................................................
B.   Tujuan ..............................................................................................
C.    Bobot dan Tempat Pelaksanaan ..........................................

BAB II. PELAKSANA PPL-PAK.............................................................
A.   Ketua STP .......................................................................................
B.   Pembantu Ketua I .......................................................................
C.    Koordinator Pendidikan,  Pengajaran dan Kurikulum
D.   KOORDINATOR PPL-PAK.........................................................
E.    Sekolah Mitra.................................................................................
F.    Mahasiswa Praktikan ................................................................

BAB III. PELAKSANAAN DAN PEMBIMBINGAN  .......................
A. Tahapan Pelaksanaan ................................................................
B. Pelaksanaan Pembimbingan ..................................................

BAB IV. MEKANISME PELAKSANAAN PPL-PAK
DI LAPANGAN ........................................................................
A. Tahap Persiapan ..........................................................................
B. Tahap Pelaksanaan .....................................................................


BAB V.  PENILAIAN DALAM PPL-PAK.............................................
A.  Penilaian .........................................................................................
B.    Laporan Hasil Akhir Program  ..............................................

BAB VI. PENUTUP ...................................................................................

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Refleksi Pembelajaran
Lampiran 2. Penilaian Perencanaan Pembelajaran
Lampiran 3. Penilaian Proses Pembelajaran
Lampiran 4. Penilaian Kegiatan Kokurikuler/ Ekstrakurikuler
Lampiran 5. Pembagian Kelompok PPL-PAK


1
2
3

5
5
6
7

8
9
9
11
12
13
13

14
14
18


20
20
20


23
23
24

26






BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Dalam rangka menghasilkan tenaga pastoral  (Sarjana Agama Katolik) yang handal di lingkup sekolah, maka Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Reinha Larantuka memprogramkan Praktik Pastoral Sekolah/Program Pengalaman Lapangan (PPL) dalam bentuk praktik mengajar Pendidikan Agama Katolik (PAK).  Dengan demikian, PPL-PAK merupakan kegiatan kurikuler yang memadukan seluruh program pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan. Program ini mempersyaratkan kemampuan aplikasi dan keterpaduan seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja yang berkaitan dengan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.
Standar kompetensi PPL-PAK dirumuskan dengan mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru baik dalam konteks pembelajaran maupun dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat. Empat kompetensi guru yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut dirumuskan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen  serta  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.  Hal ini pada intinya berisi standar kompetensi lulusan perguruan tinggi yaitu mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemandirian, serta sikap untuk menerapkan ilmu, teknologi, dan seni untuk tujuan kemanusiaan.
Mengingat pentingnya kegiatan PPL-PAK, maka diperlukan adanya rambu-rambu yang mengatur pelaksaaannya. Rambu-rambu ini dibuat  bukan untuk membatasi kegiatan PPL-PAK, tetapi sebagai pedoman umum agar tujuan program ini benar-benar dapat dicapai dan tepat sasaran.
B.   TUJUAN
Sasaran yang ingin dicapai dari PPL-PAK adalah membentuk pribadi calon guru agama Katolik yang memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya, serta cakap dan tepat menggunakannya di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun luar sekolah.  
Secara khusus pelaksanaan PPL-PAK di lingkup STP Reinha Larantuka adalah:
1.      Memberikan wahana aplikasi keilmuan dalam bidang pastoral kateketik bagi mahasiswa.
2.      Memberikan pengalaman profesional mahasiswa sebagai calon guru agama Katolik, sehingga benar-benar menjadi lulusan kependidikan yang siap di dunia kependidikan.
3.      Menjalin kerjasama edukasional dengan sekolah latihan sebagai mitra dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

C.    BOBOT DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik (PPL-PAK) merupakan bagian integral dari keseluruan kurikulum pendidikan guru berdasarkan kompetensi yang diberi bobot 2 SKS.

Tempat penyelenggaraan PPL-PAK adalah di  SD, SLTP, SMA, dan SMK baik negeri maupun swasta yang dapat menampung kebutuhan latihan keguruan sesuai dengan latar belakang keahlian atau spesialisasinya di bidang pastoral  dan kateketik.



BAB II
PELAKSANA PPL-PAK

Pelaksanaan PPL-PAK  dalam lingkup Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka dapat dilihat pada bagan berikut ini.
PUKET I
Penjamin Mutu Akademik
Koordinator Pendidikan, Pengajaran & Kurikulum
Koordinator
PPL-PAK
Sekolah  Mitra
KETUA STP
Pembina
Mahasiswa
Praktikan
 












Keterangan:
: Garis Komando
: Garis Koordinasi




A.   KETUA STP
Sebagai pembina utama di lembaga pendidikan, selaku Ketua bertanggung jawab:
1.      Menggariskan pola kebijakan, serta bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh kegiatan PPL-PAK.
2.      Membina para pelaksana serta memantau kegiatan yang sedang berlangsung.
3.      Menggariskan kebijakan pendanaan serta menyediakan dana untuk kegiatan.
4.      Membina kesiapan mental para mahasiswa.
B. PEMBANTU KETUA I: Penjamin Mutu Akademik
Bertanggung jawab atas penyiapan mahasiswa dalam menghadapi pelaksanaan PPL-PAK, diantaranya:
1.      Menjalin kerjasama dengan sekolah latihan sebagai mitra dalam pelaksanaan PPL-PAK.
2.      Memberitahukan secara tertulis kepada sekolah-sekolah mitra yang dijadikan tempat latihan praktik mengajar Pendidikan Agama Katolik.
3.      Pembekalan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan khusus yang menunjang keberhasilan PPL-PAK.
C.    KOORDINATOR PENDIDIKAN, PENGAJARAN DAN KURIKULUM
Bertanggung jawab atas penyiapan mahasiswa menghadapi pelaksanaan PPL-PAK, diantaranya:
1.      Mendata nama calon peserta PPL-PAK
2.      Menyeleksi para mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti PPL-PAK.
3.      Menyusun jadwal kegiatan PPL-PAK.
4.      Mengatur penerjunan peserta PPL-PAK ke sekolah-sekolah latihan/mitra.
5.      Menyiapkan segala macam blangko, bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan  selanjutnya dikirim ke sekolah-sekolah mitra.
D.     KOORDINATOR PPL-PAK
Program Pengalaman Lapangan dipimpin oleh seorang Koordinator dan dibantu oleh tenaga edukatif yang dapat merangkap menjadi Dosen Pembimbing.
1. Koordinator bertugas:
a.       Bersama Puket I, Koordinator Pendidikan, Pengajaran dan Kurikulum  membekali mahasiswa praktikan.
b.      Bekerjasama dengan Dosen Pembimbing mempersiapkan mahasiswa.
c.       Membagi kelompok mahasiswa praktikan di sekolah-sekolah mitra, beserta dosen Pembimbingnya.

2.    Dosen Pembimbing
Tugas pokoknya adalah :
a.       Mengkoordinasi dan memonitor pelaksanaan PPL-PAK di sekolah mitra.
b.      Bersama Kepala Sekolah dan Guru PAK, menampung dan memecahkan masalah/kasus yang mungkin timbul.
c.       Memberi penjelasan tentang pengisian format-format dan cara-cara penilaian kepada Guru PAK.
d.      Melaksanakan bimbingan PPL-PAK, baik di kampus dan di Sekolah Mitra.
e.       Bersama Guru PAK memberikan arahan dan bimbingan latihan praktik mengajar secara supervisi klinis.

E.    SEKOLAH MITRA
Pelaksanaan PPL-PAK di sekolah mitra melibatkan Kepala Sekolah, dan secara teknisnya Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) sebagai Guru Pamong.
1.    Kepala Sekolah
Kepala Sekolah bertanggungjawab penuh atas pelaksanaan PPL-PAK di sekolahnya. Rincian tugas tersebut diantaranya adalah :
a.       Menerima mahasiswa praktikan .
b.      Bersama guru Pendidikan Agama Katolik  merencanakan pelaksanaan PPL-PAK di sekolahnya.
c.       Memberikan arahan umum kepada semua mahasiswa praktikan.
d.      Mengkoordinasi dan memonitor pelaksanaan PPL-PAK secara menyeluruh.
e.       Menampung dan memecahkan masalah yang mungkin terjadi.
f.        Mengusahakan dan memelihara situasi dan kondisi yang menunjang keberhasilan pelaksanaan PPL-PAK.
g.       Dalam hal-hal tertentu turut/berhak menilai penampilan para praktikan.
2.    Guru Pendidikan Agama Katolik
Dalam pelaksanaan PPL-PAK, guru mata pelajaran Agama Katolik  sekaligus menjadi Guru Pamong  yang tugas pokoknya adalah :
a.       Bersama Kepala Sekolah merencanakan kegiatan PPL-PAK di sekolahnya.
b.      Memberikan model kepada para mahasiswa praktikan.
c.       Bersama Dosen Pembimbing mengadakan observasi penampilan praktikan dalam melaksanakan praktik mengajar dilanjutkan dengan supervisi klinis.
d.      Memberikan bimbingan khusus (misalnya tentang materi pelaksanaan pelajaran, penyusunan RPP, tugas ekstrakurikuler, dan lain-lain)
e.       Bersama Kepala sekolah memecahkan/ mengatasi masalah yang mungkin timbul.
f.        Memberikan penilaian latihan praktik mengajar para mahasiswa bimbingannya.
g.       Memberikan penilaian latihan pelaksanaan tugas-tugas, memberikan bimbingan tugas administrasi, serta tugas kokurikuler bagi mahasiswa praktikan.
h.      Memberikan penilaian penampilan pratikan dalam ujian praktik mengajar.
i.         Menyampaikan laporan secara tertulis pelaksanaan PPL-PAK dari para mahasiswa bimbingannya kepada Kepala Sekolah dan Lembaga STP Reinha melalui Dosen Pembimbing.

F.    MAHASISWA PRAKTIKAN
Mahasiswa praktikan wajib bersikap dan berperilaku yang baik terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL-PAK sesuai dengan citra Guru Profesional antara lain :
1.      Mempersiapkan diri baik penguasaan materi maupun mental sebaik-baiknya.
2.      Melaksanakan semua tugas yang diberikan oleh Sekolah Mitra, dan  Guru Agama Katolik.
3.      Mentaati peraturan-peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tempat pelaksanaan PPL-PAK.
4.      Berkonsultasi dan menjadi penghubung antar Dosen Pembimbing dan Guru PAK dalam menentukan supervisi dan ujian praktik mengajar.
5.      Menjaga diri untuk tidak berbuat hal-hal yang tercela dan menjaga nama baik STP Reinha Larantuka dan Sekolah Mitra.




BAB III
PELAKSANAAN DAN PEMBIMBINGAN


A.   TAHAPAN PELAKSANAAN
   Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik, dilaksanakan secara seimbang, terpadu dan terarah. Artinya mahasiswa praktikan dibimbing oleh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik selaku Guru Pamong, Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah dalam berbagai kegiatan pengalaman lapangan.
Masa pelaksanaan PPL-PAK selama satu semester. Tahapan-tahapan pelaksanaan diatur sebagai berikut:

Tahap
Kegiatan
Tujuan
I
Orientasi-observasi
Agar praktikan memperoleh informasi yang memadai tentang situasi kondisi sekolah dan lingkungan masyarakat maupun sosio akademik sehingga peserta PPL-PAK memiliki kesiapan untuk memasuki fase latihan yang sebenarnya.
II
Latihan Terbimbing
Praktikan melaksanakan tugas latihan yang sesungguhnya baik mengajar maupun non mengajar dalam dalam bimbingan guru Pamong.
III
Latihan Mandiri
Praktikan diberi kesempatan melakukan pembelajaran secara mandiri. Praktikan bukan dilepas secara mutlak akan tetapi kadar atau porsi pembimbingan menjadi berkurang.
IV
Ujian
Pada tahap ini, praktikan yang telah memenuhi syarat, yakni telah mengikuti latihan dalam semua tahap dan telah memenuhi kuantitas dan kualitas latihan, diuji dalam kegiatan  mengajar oleh guru PAK dan dan Dosen Pembimbing.

1.   Observasi-Orientasi
Sebelum mengalami latihan yang sebenarnya tiap calon praktikan diwajibkan menempuh masa observasi. Masa observasi-orientasi dimaksudkan agar mahasiswa calon guru mengenal dengan baik lingkungan sekolah yang menjadi tempat tugasnya. Beberapa aspek yang harus diperhatikan, antara lain:
a.    Sejarah Sekolah
b.   Lingkungan Fisik Sekolah (letak,  denah, ruang kelas, ruang TU, fasilitas belajar, dan lain-lain).
c.    Administrasi organisatorik (struktur organisasi sekolah, personalia sekolah, kesiswaan, dan lain-lain).
d.   Akademik dan Sosial Sekolah (Kurikulum, Kalender pendidikan, (secara khusus berkaitan dengan PAK; program tahunan, program semester, jumlah jam pelajaran, kegiatan ekstra kurikuler, dan lain-lain), prestasi sekolah yang pernah dicapai, dan lain-lain).




2.   Pelatihan Terbimbing
Pelatihan terbimbing dalam pelaksanaan PPL-PAK dibedakan menjadi dua, yakni latihan mengajar, dan latihan mengerjakan tugas-tugas keguruan dalam bimbingan guru PAK/Pamong.
a.    Latihan mengajar
Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam latihan mengajar, seperti:
1)  Merencanakan unit pengajaran (menyusun RPP)
2)  Memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar
3)  Memilih atau membuat dan menggunakan media pengajaran yang cocok dengan materi pembelajaran.
4)  Mengevaluasi pelaksanaan pengajaran.
5)  Menganalisis pelaksanaan pengajaran.
6)  Frekuensi latihan mengajar terbimbing minimal 2 kali dengan 2 RPP diselingi diskusi balikan supervisi klinis.
7)  Untuk kelas pararel yang materinya sama. RPP dapat lebih dari satu apabila metode dan KBM-nya dirubah/ disesuaikan.
Proses pembimbingan dilaksanakan dengan supervisi klinis. Bahan yang dibicarakan berdasarkan catatan supervisi klinis dan hasil refleksi praktikan.
b.    Latihan melaksanakan tugas-tugas keguruan di luar mengajar.
Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam latihan melaksanakan tugas-tugas keguruan di luar mengajar, meliputi:
1)     Kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dan menunjang Pendidikan Agama Katolik.
2)     Partisipasi dalam pertemuan guru, guru dan orang tua murid  (bila diijinkan).
3)     Latihan melaksanakan administrasi Sekolah, administrasi kelas, administrasi guru mata pelajaran PAK, dan administrasi kepegawaian.
3.   Latihan Mengajar Mandiri
Latihan mengajar mandiri adalah bentuk latihan yang diberikan kepada pratikan untuk belajar menjadi guru yang sebenarnya dalam pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar PAK. Hal-hal yang perlu mendapat perhatian adalah:
a)     Merencanakan pembelajaran atau mempersiapkan RPP dan mengkonsultasikan dengan guru pamong.
b)     Memilih dan menggunakan berbagai strategi mengajar yang tepat.
c)      Melaksanakan beberapa model pembelajaran inovatif.
d)     Melaksanakan rencana pengajaran yang sudah direncanakan.
e)     Mengevaluasi hasil pengajaran.
f)       Menganalisa pelaksanaan pembelajaran.
g)     Menganalisa hasil-hasil evaluasi
Jika guru PAK/Pamong menilai praktikan sudah cukup baik/mampu, maka bisa dianjurkan untuk melaksanakan ujian praktik.




4.   Ujian Praktik Mengajar
Ujian  praktik mengajar dilaksanakan setelah kemampuan mengajar dinilai cukup oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Pengaturan ujian mengajar diserahkan kepada masing-masing Guru Pamong.
Praktikan  yang akan menempuh ujian praktik mengajar diwajibkan menyerahkan persiapan tertulis (RPP) kepada Guru Pamong, Dosen Pembimbing selambat-lambatnya 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan ujian. (Pedoman Penilaian, lihat pada form lampiran)

B.   PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN
Dalam melaksanakan pembimbingan oleh Guru PAK/Pamong, Dosen Pembimbing  dilakukan dalam bentuk supervisi klinis.
1.    Pengertian Supervisi Klinis
Supervisi klinis adalah suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk membantu pengembangan professional calon guru.  Dalam hal ini menyangkut penampilan mengajar berdasarkan observasi dan analisa data secara teliti dan obyektif.
2.    Tujuan Supervisi Klinis
Supervisi klinis bertujuan agar praktikan mendapatkan masukan yang obyektif, untuk memecahkan masalah mengajar dan mengembangkan sikap positif secara terus menerus.


3.    Prosedur Supervisi Klinis
Prosedur supervisi klinis ini umumnya dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pertemuan pendahuluan, tahap pengamatan dan tahap pertemuan balikan. Dua dari 3 tahap tersebut memerlukan pertemuan antara praktikan  dan  Guru Pamong/Dosen Pembimbing  yaitu pertemuan pendahuluan dan pertemuan balikan.
a.     Tahap Pertemuan Pendahuluan
Dalam tahap ini praktikan bersama-sama guru pamong mengidentifikasi rencana pembelajaran, dan fokus pembelajaran. Komunikasi dilakukan terbuka  dalam suasana yang harmonis.
b.    Tahap Pengamatan Mengajar
Pada tahap ini melatih tingkah laku mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang telah disepakati dalam pertemuan pendahuluan. Guru PAK/Pamong mengamati dan mencatat penampilan praktikan di kelas.
c.     Tahap Pertemuan Balikan
Sebelum memberikan feed back dan refeksi, guru pamong/dosen pembimbing hendaknya meminta komentar praktikan terhadap pembelajaran yang dilakukan.  Hal-hal-hal yang perlu dilakukan refleksi meliputi :
1)     Mereview tujuan pembelajaran;
2)     Mereview target ketrampilan serta perhatian utama.
3)     Jalannya pembelajaran berdasarkan target dan perhatian utamanya.



BAB IV
MEKANISME PELAKSANAAN PPL-PAK
DI LAPANGAN

A.   TAHAP PERSIAPAN
1.    Persiapan yang bersifat administratif
a.     Daftar calon lengkap peserta PPL-PAK
b.    Mahasiswa calon praktikan menghubungi sekolah-sekolah mitra untuk memperoleh kepastian kesanggupan menerima para praktikan.
c.     Koordinator PPL-PAK membuat pembagian praktikan di sekolah-sekolah Mitra lengkap dengan Dosen Pembimbing
d.    Puket I mengirim surat tugas kepada semua dosen pembimbing.
2.  Tahap pemberian pengarahan/pembekalan kepada para mahasiswa oleh Puket I  dan para Dosen Pembimbing.
3.  Penerjunan (penyerahan resmi) mahasiswa peserta PPL-PAK ke sekolah-sekolah mitra.

B.   TAHAP PELAKSANAAN
Dari materi kegiatan sebagaimana disebutkan dalam BAB III di atas, realisasi pelaksanaannya melalui tahap-tahap sebagai berikut:
1.   Tahap Observasi-Orientasi
a.   Selama kurang lebih 1 minggu pertama mahasiswa praktikan memperoleh penjelasan/ceramah dan orientasi dari Sekolah Mitra (Kepala Sekolah,  beserta staf dan Guru PAK) tentang segala seluk beluk sekolah.
b.   Observasi dilaksanakan sambil mengikuti model les dan partisipasi.
c.    Model les
Para praktikan diberi kesempatan mengobservasi cara Guru PAK mengajar. Hal ini dengan tujuan agar para praktikan memperoleh gambaran nyata tentang cara mengajar yang baik.
2.   Tahap Partisipasi
Para praktikan berperan aktif melaksanakan praktik yang terdiri dari praktek mengajar dan praktik kependidikan non mengajar.
a.   Latihan Praktik Mengajar
Selama kurang lebih 2-4 kali praktikan melaksanakan latihan praktik mengajar dibimbingan Guru PAK/Pamong dan Dosen Pembimbing. Latihan praktik mengajar dilaksanakan sebagai berikut:
1) Praktikan diberi kesempatan oleh Guru PAK/Pamongnya untuk praktik mengajar.
2)  Praktikan menyusun persiapan tertulis (RPP) dengan bimbingan Guru PAK/Pamong dan Dosen Pembimbing secara supervisi klinis.
3)  Praktikan menyiapkan alat-alat pembelajaran atau media pembelajaran sebelum hari praktik dilaksanakan.
4)  Pada hari/tanggal yang telah ditentukan, praktikan melaksanakan pembelajarn sesuai dengan persiapan tertulis. Guru PAK/Pamong mengobservasi penampilan praktikan.
5)  Seusai melaksanakan pembelajaran, Guru  PAK/Pamong memberikan  supervisi klinis untuk menunjukkan kekurangan-kekurangan dan juga hal-hal yang sudah baik, kemudian memberikan pengarahan-pengarahan agar penampilan berikutnya lebih baik (proses remidi)
b.   Latihan Melaksanakan Tugas Non Mengajar
Di samping praktik mengajar, para praktikan juga mendapat tugas dari sekolah untuk melaksanakan kegiatan yang menunjang kegiatan kependidikan secara keseluruhan.
3.   Tahap Ujian Praktik Mengajar
a.   Proses ujian praktik mengajar hampir sama dengan latihan praktik mengajar. Hanya bedanya pada ujian praktik mengajar praktikan idak mendapat bimbingan.
b.   Yang berhak menguji praktik adalah Dosen Pembimbing dan Guru PAK/Pamong.



BAB V
PENILAIAN DALAM PPL-PAK

A.   PENILAIAN
1.   Yang berwenang menilai
a.   Guru PAK/Pamong
b.   Dosen pembimbing
2.   Penilaian bersifat:
a.   Terbuka, artinya diketahui sendiri segala informasi yang relevan dengan penilaian PPL-PAK oleh pihak yang dinilai dan penilai.
b.   Utuh, artinya penilaian PPL-PAK dilakukan secara utuh agar informasi yang diperoleh tentang penampilan praktikan merupakan informasi yang lengkap dan utuh pula.
c.    Luwes dan sesuai, artinya penilaian  disesuaikan dengan kondisi dan situasi pelatihan.
d.   Berkesinambungan artinya penilaian dilakukan,  dijadwalkan secara berkesinambungan.
3.   Sasaran Akhir Penilaian
a.   Latihan praktik mengajar
b.   Ujian praktik mengajar
c.    Kepribadian dan sosial praktikan
d.   Laporan Akhir
4.   Prosedur Penilaian
Pada dasarnya penilaian untuk setiap bentuk kegiatan dalam melaksanakan PPL-PAK ini menggunakan format penilaian tertentu. Penetapan /justifikasi dalam penilaian menggunakan skala deskriptor yang sesuai dengan butir-butir aspek yang dinilai. (form penilaian pada bagian tersendiri)

B.   LAPORAN HASIL AKHIR PROGRAM
Setelah menyelesaikan PPL-PAK semua praktikan wajib membuat laporan tertulis kepada Koordiantor PPL-PAK STP Reinha Larantuka. Laporan akhir sekurang-kurangnya memuat hal-hal sebagai berikut:
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang (memuat alasan mendasar pelaksanaan PPL-PAK, pengertian dan tujuan, serta pentingnya membuat laporan kinerja)
B.      Langkah-Langkah Persiapan (di Kampus dan Sekolah Mitra)
C.      Tempat dan Waktu Pelaksanaan PPL-PAK
BAB II. PELAKSANAAN PPL-PAK
A.      Mengenal Lingkungan Fisik, Administratif Organisatorik, Akademi dan Sosial Sekolah Tempat PPL-PAK
B.      Kegiatan Pembelajaran PAK
C.      Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikluer
D.     Tugas Administrasi dan Keterlibatan dalam Kegiatan Lain
E.      Pertemuan dan Refleksi Dengan Guru PAK/Pamong dan Dosen Pembimbing
BAB III. EVALUASI REFLEKSI PELAKSANAAN PPL-PAK
A.      Evaluasi
B.      Refleksi
C.      Tindak Lanjut
BAB IV. PENUTUP
A.      Kesimpulan
B.      Usul dan Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN



BAB VI
PENUTUP

Pedoman penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan Pendidikan Agama Katolik ini merupakan ketentuan-ketentuan yang dijadikan acuan dan arahan dalam seluruh pelaksanaan kegiatan.  Adapun hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.
Demikian pedoman ini dibuat untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan  demi sukses dan tercapainya tujuan yang diharapkan.




Lampiran 1
REFLEKSI PEMBELAJARAN [1]
Nama                                : …....................................................................
NIM                                   : …....................................................................
Sekolah /Kelas             : …....................................................................
Pokok Bahasan            :....................................................................
Reflkesi ke                     :  ..................

No
Aspek
Jawaban
1
Apakah kegiatan pembukaan yang dilakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik?

2
Bagaimana  tanggapan siswa terhadap materi yang disajikan?

3
Apakah siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang disajikan?

4
Apakah proses pembelajaran yang disajikan sesuai dengan yang direncanakan?

5
Apakah metode, waktu dan media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan materi pokok dan kemampuan siswa?

6
Bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan dalam proses pembelajaran tadi?

7
Bagaimana hasil latihan/penilaian yang diberikan?




8
Apakah proses pembelajaran  awal sampai akhir sudah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan?

9
Apa yang menjadi kekuatan/kelebihan  Anda dalam melakukan proses pembelajaran tadi?

10
Apa yang menjadi kekurangan/ kelemahan Anda dalam proses pembelajaran tadi?

11
Apa penyebab kelemahan tersebut?

12
Apakah ada hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran tadi?

13
Apa rencana  selanjutnya untuk proses pembelajaran berikutnya?

14
Bimbingan apa saja yang dibutuhkan  dalam proses pembelajaran berikutnya?

15
Apa komitmen Anda untuk meningkatkan profesionalitas sebagai guru PAK?

Kesimpulan:






Larantuka, ........................................

Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong

___________________________________
NIP
Praktikan



______________________
Lampiran 2
PENILAIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pokok                : ................................................................................
                                           ................................................................................
Kelas                               : .........................................................
RPP ke                            : .........................................................


No
Aspek Penilaian
Nilai
Maks
Dicapai
A
Merumuskan Indikator/Tujuan Pembelajaran



1.    Rumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan KD
4


2.    Rumusan tujuan pembelajaran memuat audience, perilaku, kondisi, degree (ABCD)
4


Jumlah
8

B
Metode Pembelajaran



3.     Metode pembelajaran bervariasi
4


4.     Tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pengembangan
5


5.     Kesesuaian metode dengan karakter KD
4


Jumlah
13

C
Langkah-langkah Pembelajaran/Skenario  Pembelajaran



6.   Pendahuluan berisi pengaitan kompetensi yang akan diajarkan dengan konteks kehidupan siswa/apersepsi/ memotivasi dengan berbagai stimulus
5


7.   Kegiatan inti ditulis secara rinci untuk menjabarkkan tahapan pencapaian KD disertai dengan alokasi waktu
5


8.   Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman, berinteraksi dengan lingkungan, masyarakat sekitar (fokus kepada siswa)
5


9.   Penutupan pembelajaran berisi penyimpulan refleksi, tindak lanjut (tugas, pengayaan, pemanfaatan)
5


10.   Rumusan langkah pembelajaran menggambar-kan kegiatan materi yang akan dicapai
5


Jumlah
25

D
Pengembangan Materi dan Bahan Ajar




11. Materi pembelajaran mendukung KD (selaras dengan KD)
8



12. Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai sehingga mudah digunakan sebagai bahan ajar
8



13. Bahan ajar mencantumkan isu-isu dunia nyata yang ada di lingkungan sekolah (kontekstual)
6



Jumlah
22


E
Sumber Belajar




14.      Sumber belajar sesuai dan mendukung tercapainya KD
5



15.      Sumber belajar bervariasi
5



16.      Sumber belajar ditulis  secara lengkap dan jelas
5



Jumlah
15


F
Alat Penilaian




17.  Alat penilaian sesuai dan mencakup seluruh indikator
5



18.  Rubrik/pedoman penskoran/kunci jawaban tercantum secara jelas dan tepat
5



Jumlah
10


G
Tampilan dokumen rencana pembelajaran




19. Kebersihan dan kerapihan
3



20. Penggunaan bahasa tulis sesuai  dengan EYD
4



Jumlah
7



Jumlah Keseluruhan
100


       

Keterangan:
Nilai Akhir:

A:
B:
C:
D:
80-100      : Baik Sekali
66-79        : Baik
51-65        : Cukup Baik
0 - 50         : Tidak Baik


Catatan  Guru PAK/Pamong:














Larantuka, ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________________________
  NIP
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong


__________________________________
NIP




Lampiran 3
PENILAIAN

PROSES PEMBELAJARAN


Hari/Tanggal                 : .................................................................
Materi Pokok                : ................................................................................
                                           ................................................................................
Kelas                               : ................................

No
Aspek Penilaian
Chek List
Nilai
Ya
Tdk
Maks
Dicapai
I
Pendahuluan





1.  Mengucapkan salam


3


2.  Doa


3


3.  Melaksanakan absensi siswa


3


4.  Apersepsi


3


5. Memberitahukan kompetensi yang ingin dicapai


2


6.  Memberikan tes awal


3


Jumlah


17

II
Kegiatan Inti
A
Pengembangan Unsur Materi





1.    Penguasaan materi ajar


10


2.    Kesesuaian materi dengan RPP


5


3.    Memberikan contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari


5

B
Unsur Pembelajaran





1.    Relevansi materi dengan metode


10


2.    Menjelaskan materi dengan menggunakan papan tulis/alat peraga lainnya


3


3.    Melibatkan siswa dengan tanya jawab


6


4.    Menerapkan teknik bertanya


6


5.    Meminta siswa memberikan contoh sesuai dengan materi yang dibicarakan


5


6.    Mengembangkan dialog.


4


7.    Menunjukkan kepedulian terhadap siswa  (mendekati, menegur yang mengganggu, dsb)


4


8.    Menggunakan bahasa  yang mudah dipahami siswa


3


9.    Suasana kelas tertib dan dinamis


3

C
Penutup





1.   Menyimpulkan isi (bersama siswa) pokok/pesan materi pelajaran


2


2.   Test akhir/evaluasi


3


3.   Memberi tugas


2


4.   Doa


2


Jumlah


73

III
Penampilan

1.    Kerapihan berbusana


2


2.    Kejelasan berbicara


3


3.    Kewibawaan


3


4.    Keramahan


2


Jumlah


10


Jumlah Keseluruhan


100



Keterangan:
Nilai Akhir:
A:
B:
C:
D:
80-100         : Baik Sekali
66-79            : Baik
51-65            : Cukup Baik
0 - 50            : Tidak Baik





Catatan  Guru PAK/Pamong:

Kesimpulan: ...........................................................................................................................
..........................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................ ............................................................................................................................. ............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ............................................................................................................................
Saran     :        .............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................ ............................................................................................................................ ........................................................................................................................... ............................................................................................................................ ............................................................................................................................

Larantuka, ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah



_________________________________
  NIP
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong



_________________________________
NIP




Lampiran 4
PENILAIAN KEGIATAN KOKURIKULER/
EKSTRA KURIKULER

Nomor                                         :…………………………
Jenis Kegiatan                            :………………………..............................
Diberikan  Tanggal                   : ………………………
Diselesaikan  Tanggal              : .. ..……………………

Catatan  Guru PAK/Pamong:

Kesimpulan: ..................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
................................................................................................................................. ................................................................................................................................
Saran     :     ...................................................................................................................................
................................................................................................................................. .................................................................................................................................... ................................................................................................................................. ............................................................................................ ....................................


Larantuka, ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah


__________________________________
  NIP
Guru Mata Pelajaran PAK/
Pamong


_________________________________
NIP

Lampiran 5
KELOMPOK PRAKTIK PPL-PAK SD
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
No
Nama Sekolah
Nama Mahasiswa
Dosen Pembimbing
1
SDK Lamawalang
1.   Adelin Semoi Sogen
2.   Maria Nini Sogen
3.   Maria Lidvina Ina Mukin
4.   Lodovikus Lamatokan

Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,MM
2
SDK Waibalun I
1.   Ignasia Bulu Moron
2.   Adolfus L.B. Balaweling
3.   Maria Inviolata Deran Ola
4.   Emiliana Reni Narek

Yosep Pehan Betan, S.Ag
3
SDK Waibalun II
1.   Maria Barbara Peni Teluma
2.   Ebinek Mauricilia Ledjab
3.   Oktoviana Antonia Karwayu
4.   Emanuel Doni Sesa

Yosep Pehan Betan, S.Ag
4
SDI Waibalun
1.   Mariana Ina Dai
2.   Maria Oda Oyan
3.   Angelina Jeli Niron

Sura Ibu Silvinus,S.Ag
5
SDI Lewolere
1.   Veronika Buak
2.   Emiliana Ambrosia da Silva
3.   Agustina H. Demon Ester
4.   Kelara Ketona Asan

Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,MM
6
SDK Pantai Besar
1.   Sr. Petronela
2.   Maria Bunga
3.   Katarina M.M. da  Silva
4.   Theodorus Dua Tukan
Sura Ibu Silvinus,S.Ag

      Koordinator PPL-PAK
Alfonsus Mudi Aran,S.Pd,M
Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________

Waibalun, ......... JANUARI 2015
Pengawas Ruang,



__________________________




[1]  Dibuat setiap kali sesudah melaksanakan pembelajaran. Dibuat rangkap 2 (dua), satu digunakan pada saat bimbingan klinis dengan guru PAK/Pamong, dan satu untuk refleksi umum dengan Dosen Pembimbing di Kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar